Rabu, 07 Mei 2014

Perbandingan Novel dan Film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Tokoh dan Penokohan

            Lucy
Di dalam novel, Lucy memerankan tokoh yang bersifat baik hati, lucu, periang, ingin tahu sesuatu, pemberani, dan tidak putus asa. Sifat baik hati itu diceritakan saat Lucy ingin sekali menolong Mr. Tumnus yang pernah menolongnya. Sifat lucu atau humoris diperlihatkan saat ia menghibur Mr. Tumnus di rumah faun tersebut. Sifat ingin tahu diperlihatkan pada saat ia masuk ke dalam lemari untuk keduakalinya agar ia yakin bahwa ia benar. Sifat pemberani terlihat saat Lucy pertama kali masuk ke dalam Narnia. Dan sifat tidak putus asa terlihat saat ia mencoba membujuk saudaranya agar percaya padanya. Seluruh sifat-sifat yang diperankan oleh Lucy dalam novel diwujudkan sama persis di dalam film. Tidak ada yang ditambahi maupun dikurangi.
Tokoh dan penokohan Lucy baik dalam novel maupun film mempunyai fungsi yang sama yaitu mendidik para pembaca atau penonton agar bisa mengikuti sifat-sifat baik yang ada pada diri Lucy. Pesan itu terutama disampaikan oleh penulis untuk  anak-anak kecil yang kebanyakan mempunyai sifat manja, penakut, putus asa atau pemurung. Atas dasar itulah maka sutradara tidak mengubah sifat-sifat Lucy dalam novel ke film.
1.a) Pertemuan Lucy dengan Mr. Tumnus
Pertemuan Lucy dengan Mr. Tumnus adalah peristiwa yang tidak di sengaja. Pada saat Lucy masuk ke dalam lemari besar dan menemukan keanehan di dalamnya saat itulah ia bertemu Mr. Tumnus yang berada di Narnia. Anak sekecil Lucy biasanya sulit untuk memberanikan diri bepetualang dan memasuki negeri lain yang tidak ia ketahui. Namun Lucy berbeda dengan anak kecil lainnya, ia mempunyai keberanian untuk masuk ke negeri Narnia. Pada saat bertemu dengan Mr. Tumnus munculah sifat Lucy yang ramah kepada siapapun dan ia tidak menaruh pikiran negative saat bertemu dengan Mr. Tumnus. Ia bahkan baik hati dengan orang yang baru saja ia kenal.
Namun karena sifatnya terlalu polos dan baik hati sehingga ia tidak tahu bahwa faun itu akan menculiknya dan membawanya ke penyihir putih. Mr. Tumnus sendiri adalah faun yang baik hati, ia bahkan tidak tega untuk memberikan Lucy yang baik hati kepada penyihir putih. Lalu Mr. Tumnus mengembalikan Lucy pulang ke asalnya.
1.b) Rasa penasaran Lucy
Lucy ingin mencari tahu apakah benar ia sudah masuk ke dalam lemari lalu menemukan negeri aneh dan seekor faun. Dia ingin meyakinkan pada idrinya sendiri bahwa ia memang benar dan ingin menunjukan pada saudaranya. Lalu dengan hanya bermodalkan lilin dan jaket ia pun berjalan memasuki lemari. Sifat keingin tahuannya muncul dan mengalahkan rasa takutnya walau ia berjalan pada malam hari. Ia berniat untuk bertemu dengan Mr. Tumnus, namun secara tidak sadar bahwa ia telah diikiuti oleh saudaranya, Edmund. Peristiwa itulah yang dapat mengundang suatu masalah.
1.c) Lucy, Edmund, Peter, dan Susan bertemu dengan pak berang-berang
 Pada saat Lucy mengajak ketiga saudaranya untuk mengunjungi rumah Mr. Tumnus, mereka melihat rumah Mr. Tumnus sudah hancur dan pak berang-berang menemui mereka dengan bermaksut memberitahu dimana Mr. Tumnus berada. Pak berang-berang menjelaskan bahwa Mr. Tumnus itu dibawa ke penyihir putih atas pelanggaran yang ia lakukan karena telah menyembunyikan seorang manusia yang dianggap sebagai pengkhianatan pada penyihir putih. Pak berang-berang menunjukan rumahnya dan di rumah itulah mereka menyusun strategi. Namun saat sedang asik membicarakan jalan keluarnya, mereka tidak menyadari kalau Edmund sudah tidak berada di tempat.
1.d) Lucy menyembuhkan Edmund
Pada saat peperangan terjadi Edmund mengorbankan dirinya demi membunuh penyihr dan menyelamatkan Peter. Edmund hanya dapat menghancurkan tongkat sihir penyihir saja, dan akhirnya ia pun tertusuk pedang oleh penyihir. Setelah pertempuran usai disinilah peran Lucy yang mendapatkan sari bunga api yang diberikan bapak natal pada nya. Sari bunga api dapat menyembuhkan luka apa saja dan akhirnya Edmund pun sembuh dari luka yang ia derita.

Edmund
Tidak berbeda dengan Lucy, tokoh Edmund dalam cerita novel maupun film terlihat sama persis persamaannya. Sifat yang ia miliki seperti misalnya egois kepada saudaranya, mudah terpengaruhi oleh orang lain, pemarah dan sebagainya diperlihatkan sama persis dalam film ‘Narnia’ tersebut. Begitu juga fungsi munculnya Edmund dalam kisah tersebut yaitu sebagai pembantu tokoh protagonis dan sebagai pembantu tokoh antagonis. Dengan bantuan Edmund penyihir dapat menemui Aslan dan ketiga saudaranya yang lain. Tetapi dengan bantuan Edmund pula kemenangan dalam peperanagan untuk menyelamatkan Narnia dari penyihir bisa tercapai. Itulah alasan mengapa sutradara tidak menghilangkan sifat-sifat dan tindakan Edmund.
2.a) Pertemuan Edmund dengan penyihir
Pertemuan inilah yang menjadi awalnya permasalahan dalam cerita tersebut. Ketika Edmund bertemu dengan penyihir dia melihat keajaiban yang bisa dilakukan oleh penyihir. Penyihir berbohong kepada Edmund bahwa ialah Ratu Narnia. Dia juga berjanji akan memberikan Turkish Delight (sebuah makanan) untuk Edmund sebanyak banyaknya jika ia bisa mendatangkan saudara-saudaranya kehadapann Penyihir tersebut. Sebenarnya Edmund masih memiliki sifat kekanak-kanakan dan polos. Namun ia merasa ia sudah dewasa dan munculah sifat sombong dan egois pada dirinya. sehingga yang terjadi adalah ia merelakan ketiga saudaranya untuk diberikan kepada penyihir hanya demi Turkish Delight. Maka  ia mengkhianati saudaranya sendiri.
2.b) Pertemuan kedua kalinya dengan penyihir
Saat keempat bersaudara dan berang-berang berdiskusi bagaimana memecahkan masalah yang sangat sulit itu, Edmund mencoba untuk menemui penyihir dengan sembunyi-sembunyi. Pada saat bertemu dengan penyihir kedua kalinya, penyihir sempat kecewa karena ia tidak mendapatkan saudara-saudaranya yang lain. Namun disisi lain Edmund menceritakan rencana apa yang hendak ketiga saudaranya lakukan. Ia juga menceritakan mereka berada dimana. Disinilah letak kekecewaan para penonton atas sifat yang ada pada diri Edmund, bagaimana ia mengkhianati saudaranya sendiri. Dengan apa yang Edmun lakukan maka timbulah masalah baru, yaitu ketiga saudarany berada dalam bahaya.
2.c) Pengorbanan Edmund
Pada saat peperangan berlangsung Edmund melihat Peter dalam keadaan bahaya. Peter akan dibunuh oleh Penyihir. Edmun diperintahkan Peter agar pergi dari peperangan ini dan biarkan dia yang menyelesaikan peperangan ini. Namun perasaan Edmund menolaknya, ia lebih ingin menyelamatkan Peter dari pada mendengarkan perintah Peter, ia ingin menebus kesalahannya dengan cara berusaha membunuh penyihir dan rela berkorban demi saudaranya. Akhirnya ia berhasil menghancurkan tongkat sihir sang penyihir. Namun setelah itu ia tertusuk pedang penyihir dan langsung tak sadarkan diri.

Susan
Susan adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ia memiliki sifat yang penyayang terutama dengan adik-adiknya. Dalam cerita ini Susan tidak terlalu dianggap sebagai tokoh utama, ia sebagian besar bertindak sebagai peran pengisi atau pembantu pemeran utama agar dapat menyelesaikan masalahnya.
3.a) Susan dan Peter bertemu dengan Prof. Kirke
Saudara-saudara Lucy tak ada satu pun yang percaya kalau ternyata ada negeri Narnia dan seekor faun di balik lemari. Itu adalah pemikiran yang sungguh tidak masuk diakal, bahkan mereka menggapnya gila. Lalu Susan yang penasaran tentang hal itu menanyakan langsung kepada pemilik rumah yang mempunyai lemari aneh tersebut. Prof. Kirke pun menjelaskan bahwa saudara itu harus saling mempercayai kecuali memang dia bukan saudaranya. Jadi Prof. Kirke yakin sekali kepada Lucy bahwa ia telah melihat kejadian aneh di balik lemari. 
3.b) Susan menyelamatkan Edmund
Pada saat Edmund tertusuk oleh penyihir, Edmund tergeletak tak berdaya dan ketika itu pula seorang Dwarf mencoba membunuh Edmund dengan kampaknya. Tetapi sebelum hal itu terjadi Susan terlebih dahulu menembaknya dengan panah yang diberikan oleh bapak natal padanya.

Peter
Peter adalah saudara yang paling tertua dalam cerita ini. ia melambangkan sosok pemimpin pengganti ayahnya yang kala itu sedang berperang di negaranya. Mau tidak mau, Peter harus menjaga dan mendidik adik adiknya. Ia memang merasa kesulitan untuk mengatur adik-adiknya, karena ia belum bisa mengatur adik-adiknya dengan baik. Namun dengan keyakinannya akhirnya ia bisa menjaga adik-adiknya bahkan menang bertempur melawan penyihir putih.
4.a) Perlawanan pertama menghadapi serigala Maugrim
Pada saat kepercayaan diri Peter melemah, ia mendatangi Aslan dan meminta saran kepadanya. Peter ragu akan kemampuannya dalam memimpin, bahkan saudara-saudaranya saja tidak bisa ia atur. Pada saat itulah ujian pertama Peter untuk membuktikan ia bisa menjaga dan melindungi saudaranya terjadi. Maugrim datang untuk membunuh Lucy dan Susan, namun mereka sempat lolos dengan naik ke atas pohon. Disitulah Peter berperan untuk menyelamatkan Lucy dan Susan. Bahkan Aslan membiarkan Peter untuk bertarung melawan Maugrim karena ia percaya Peter mampu melakukannya. Pada kenyataannya yang terjadi adalah Peter berhasil membunuh Maugrim. Dan pada saat itulah kepercayaan dirinya yang sempat melemah kini muncul kembali.
4.b) Peter menjadi pemimpin Narnia
Pada saat terdengarnya kabar bahwa Aslan telah mati, Peter ditunjuk sebagai pemimpin Narnia dalam peperangan melawan penyhir. Peter bertanggung jawab atas peperangan tersebut. Awalnya peter mulai ragu untuk melawan penyihir putih apalagi dengan melihat pasukan penyihir yang lebih banyak daripada pasukan Peter. Namun dengan rasa percaya diri dan penuh semangat ia dapat menngarahkan pasukannya hingga berujung dengan kemenangan. Strategi yang cerdik diperlihatkan oleh sosok pemimpin ini. Mula-mula ia memberi aba-aba bagi para pemanah untuk melakukan aksinya. Dilanjutkan dengan pasukan pedang dan beberapa pasukan lainnya. Setelah itu panah api yang dapat berubah wujud menjadi burung phoenix diluncurkan, Peter memberi aba-aba kembali agar pasukannya menggiring pasukan penyihir untuk ke batu karang. Di batu karang adalah tempat terakhir pertarungan tersebut.

Penyihir putih
Tokoh ini dimunculkan sebagai peran antagonis yang ingin menguasai Narnia. Tokoh ini sangat penting karena dia adalah sumber masalah dalam petualangan Peter dan saudaranya. Masalah yang ia hadapi adalah ramalan yang berasal dari Aslan yang mengatakan bahwa jika ada empat anak manusia masuk ke Narnia, mereka akan menyelamatkan Narnia dari penyihir putih. Ramalan itulah yang memaksa penyihir putih mau tidak mau harus membunuh keempat anak itu agar ramalannya tidak terjadi.
5.a) Penyihir putih membujuk Edmund
Hal yang pertama ia lakukan adalah mengelabui anak yang polos dan tak mengerti apa apa yaitu Edmund. Penyihir menyadari Edmund dapat diandalkan karena ia mempunyai sifat egois. Dari sifatnya itulah kemudian muncul tindakan pengkhianatan kepada saudaranya. Penyihir menginginkan Edmund membawa keempat saudaranya agar menemui penyihir putih. Penyihir berbohong jika Edmund berhasil membawa mereka kehadapannya maka Edmund berhak mendapatkan Turkish Delight makanan yang ia sukai. Namun pada kenyataannya adalah Edmund tidak mendapatkan apa-apa kecuali makanan basi dan minuman yang sudah beku.
5.b) Penyihir menangkap Mr. Tumnus
Penyihir menangkap Mr. Tumnus karena ia mengetahui kalau Mr.Tumnus telah melanggar janjinya yang jika melihat seorang anak manusia maka akan langsung diberikan kepada penyihir. Namun yang dilakukan Mr. Tumnus adalah sebaliknya, ia justru menyelamatkan Lucy dari kekejaman penyihir. Tujuan yang lain adalah agar Mr. Tumnus dapat dijadikan umpan supaya keempat anak tersebut dapat datang menemuinya untuk menyelamatkan Mr. Tumnus.
5.c) Penyihir menemui Aslan
Tujuan penyihir menemui Aslan adalah ia ingin meminta Edmund agar diserahkan padanya. Ia juga mengingatkan pada sihir ajaib yang mengatakan bahwa semua pengkhianat harus dihukum oleh penyihir dan darah mereka adalah hak penyihir. Namun pada saat itu Aslan menolak untuk memberikan Edmund padanya. Ia lebih memilih mengorbankan dirinya dari pada menyerahkan Edmund kepada penyihir tersebut.
5.d) Penyihir membunuh Aslan
Pada suatu malam ketika usai disepakati perjanjian yang menyebutkan Aslan akan menyerahkan dirinya pada penyihir, Aslan mendatangi penyihir ditemani Lucy dan Susan separuh jalan. Aslan rela mengorbankan dirinya kepada penyihir. Setelah disiksa dan dicukur habis seluruh rambut Aslan, Aslan pun dibunuh oleh penyihir di meja batu.
5.e) Akhir dari kehidupan penyihir
Karena penyihir sudah membunuh Aslan, ia merasa tidak ada tantangan lagi untuk menguasai Narnia. Musuhnya yang ia takuti sudah tidak ada lagi, maka ia yakin ia akan membunuh Peter dan saudaranya. Pada saat pertempuan terjadi penyihir beradu pedang dengan Peter. Ketika sedikit lagi ia berhasil membunuh, ia terkejut melihat Aslan dan pasukan yang lain datang. Penyihir pun mati oleh Aslan.

Dwarf
Dwarf adalah sebutan bagi orang yang sudah tua namun bertubuh pendek. Dalam film disebutkan namanya adalah Ginarrbrik. Ia memerankan tokoh pembantu antagonis. Dia siap melindungi dan melayani penyihir putih. Dia selalu mendapingi penyihir kemanapun ia pergi. Dia selalu patuh kepada perintahnya sang penyihir putih. Senjata pada saat berperang adalah kampak. Namun ia berhasil dikalahkan oleh Susan dengan panahnya.

Mr. Tumnus
Deskripsi Mr. Tumnus dalam novel sebagai berikut: “Orang itu hanya sedikit lebih tinggi daripada Lucy sendiri dan untuk menaungi kepalanya dia membawa payung, yang. putih penuh salju. Dari pinggang ke atas dia manusia, tapi tungkainya berbentuk seperti kaki kambing (bulunya hitam mengilat) dan bukannya kaki dia raemiliki tapal kambing. Dia juga punya ekor, tapi Lucy tidak langsung menyadarinya karena ekor itu digulung rapi pada lengan yang membawa payung supaya tidak menggeser salju. Dia mengenakan syal wol merah di sekeliling lehernya, kulitnya juga kemerahan. Dia memiliki wajah yang agak aneh, tapi ramah, dengan janggut pendek yang mencuat serta rambut keriting. Dua tanduk muncul dari balik rambut itu, satu di setiap sisi dahinya. Sebelah tangannya, seperti yang sudah kukatakan, memegang payung, dan di tangan satunya dia membawa beberapa bungkusan kertas cokelat. Dengan bungkusan dan semua salju itu, dia tampak baru saja selesai belanja untuk Hari Natal. Dia faun.” Sutradara mewujudkan betul apa yang dilukiskan oleh penulis tersebut.
        Dia berperan sebagai tokoh yang ingin diselamatkan oleh Lucy dan saudaranya. Dia adalah faun yang baik hati, seharusnya semua yang ada di Narnia menyerahkan manusia kepada penyhir namun Mr. Tumnus justru menyelamatkan Lucy dari penyihir. Karena kebaikan itulah Lucy ingin membalas budi dan menyelamatkan Mr. Tumnus.
      Mrs Macready
Mrs. Macredy adalah pengurus rumah Profesor. Di dalam film, tokoh ini memang fungsinya hanya sedikit dan jika dihilangkan atau diganti oleh tokoh lain tampaknya tidak begitu masalah. Dia hanya bertugas menjemput Peter dan saudaranya di stasiun kereta api. Logisnya adalah Peter dan saudaranya memang tidak mengetahui letak pasti professor Kirke berada maka dihadirkan tokoh Mrs. Macredy namun jika tokoh ini digantikan oleh orang lain nampaknya tugas seperti itu tidak masalah. Tokoh ini berpengaruh pada kelogisan novel. Ia sangat ditakuti oleh Peter dan saudaranya. Maka pada saat Mrs. Macredy memperkenalkan para turis koleksi professor, Peter takut keberadaan mereka mengganggunya dan dapat membuat Mrs. Macredy marah. Oleh sebab itu, mereka bersembunyi di dalam lemari dan masuk ke dunia Narnia. Itulah alasan yang logis yang mengakibatkan Peter dan saudaranya masuk ke dunia Narnia yang berasal dari rasa ketakutan terhadap Mrs.Macredy.

Mrs Pevensie
Mrs. Pevensie adalah ibu dari keempat anak petualangan di Narnia. Ia mempunyai suami yang sedang berperang untuk membela negaranya. Tokoh ini hadir hanya dalam film saja, namun pada novel ia tidak disebutkan. Ia hadir dalam rangka fungsi memenuhi kelogisan cerita yang menjelaskan kepada penonton bagaimana kronologis keempat anak tersebut bisa tinggal di professor Kirke. Dalam film, ia harus rela berpisah dengan keempat anaknya agar mereka bisa tinggal dengan aman dan nyaman di rumah prof. kirke serta terhindar dari bahaya peperangan. Jika kejadian ini tidak ditampilkan, penonton akan sulit mengetahui alasan mengapa keempat anak itu berada di rumah Prof. Kirke.

Pak berang-berang dan bu berang-berang
Kedua tokoh ini sangat penting, karena merekalah yang membantu Peter dan saudaranya mencari jelan keluar atas masalah yang mereka hadapi. Mereka yang memberitahu tentang penculikan Mr.Tumnus, kedatangan Aslan, keberadaan Aslan, dan mencari solosi agar Mr. Tumnus dapat diselamatkan. Pada saat Mr. Tumnus diculik oleh penyihir putih, pak berang-berang mengajak Peter dan saudaranya untuk singgah dan menjelaskan apa yang terjadi. Lalu pada saat Peter dan saudaranya dikejar serigala, Pak berang-berang membantu mereka untuk melarikan diri.

Aslan
Aslan adalah tokoh yang paling dibutuhkan. Ia yang berperan sebagai pembantu tokoh utama menyelesaikan masalahnya. Peter dan saudaranya bersusah payah untuk menemui Aslan dan membantu mereka agar bisa menyelamatkan Mr. Tumnus. Namun itulah yang diharapkan Aslan, ia membutuhkan keempat anak itu untuk menyelamatkan Narnia dari kekejaman penyihir putih. Dalam kisah ini, Aslan memberikan semangat dan motivasi baru kepada Peter agar ia bisa menimbulkan rasa percaya dirinya kembali. Dan akhirnya ia berhasil mengalahkan penyihir tersebut. Aslan juga memberi nasihat dan memberitahu apa yang harus dilakukan Edmund selanjutnya. Dan pada akhirnya Edmund bisa membantu Peter mengalahkan penyihir dan mengorbankan nyawanya demi Peter. Aslan juga berhasil membunuh penyihir putih dengan cara memakannya.

Musang
Musang dalam film diberi nama Mr. Fox, ia berperan sebagai pemain pembantu agar Susan, Lucy dan Peter bisa diselamatkan. Ia bertemu dengan mereka pada saat mereka sedang diburu oleh kawanan serigala. Mereka tidak tahu harus bagaimana dan tidak tahu harus pergi kemana, akhirnya musang pun membantu mereka agar mereka bisa lolos. Mereka bersembunyi di atas pohon, lalu musang yang menghadapi kawanan serigala. Ia sempat diancam untuk dibunuh jika tidak memberitahu dimana Peter dan saudaranya berada. Ia menunjukan bahwa peter dan saudaranya berlari ke arah utara.

Serigala (Maugrim)
Peran Maugrim dalam cerita ini adalah sebagai tokoh antagonis sebagai budak yang membantu penyihir putih untuk membunuh siapa saja yang menghalanginya. Maugrim adalah seekor serigala, disini dia adalah pemimpin dari seluruh serigala. Maugrim adalah sosok serigala yang kejam dan menakutkan. Ia tak pernah segan-segan untuk membunuh lawannya dan melindungi penyihir putih. Bisa dilihat dalam gambar berikut, pada saat Edmund ingin menemui penyihiir putih ia sempat dihadang oleh Maugrim. Itu menandakan bahwa Maugrim ingin melindungi penyihir putih dari siapapun.
13.a) Penyihir memerintahkan Maugrim untuk mencari Susan, Lucy, dan Peter
Pada saat penyihir mengetahui keberadaan ketiga saudara lain Edmund ia langsung memerintahkan Maugrim dengan seluruh pasukan serigalanya mencari keberadaan mereka. Maugrim serta para serigala yang lain mendatangi rumah pak berang berang. Namun ternyata rumah itu telah kosong. Saat Maugrim bertemu dengan musang, ia dibohongi tentang keberadaan Peter, Susan, dan Lucy. Maugrim tidak tinggal diam, ia terus mencari hingga ia menemukan mereka di air terjun. Untuk kedua kalinya Maugrim gagal menangkap mereka karena akal Peter yang sangat cerdik. Peter menggunakan pedangnya untuk memecahkan es yang membekukan air terjun. Air terjun itupun menghanyutkan sekawanan serigala. Akhirnya Peter dan saudaranya berhasil lolos dan melanjutkan perjalanannya menemui Aslan.
13.b) Serigala berniat membunuh Susan dan Lucy
Pada saat Lucy dan Susan sedang asik bermain air, Maugrim datang untuk membunuh mereka. Namun Susan mampu memperdaya serigala itu dan mengambil alat peniup yang diberikan bapak natal untuknya sebagai alat peminta bantuan. Peter pun datang membantu dengan Aslan dan beberpapa pasukannya, Maugrim mati terbunuh dan satu serigala temannya berhasil lolos.

 Prof. Kirke
Prof. Kirke adalah professor yang baik hati, ia adalah sosok orang tua yang menyayangi anak kecil. Pada saat Lucy bertabarkan dengan professor sambil menangis, Lucy langsung memeluknya dan beliau membalas pelukannya. Ia pun adalah tokoh yang mempunyai fungsi sebagai orang yang meyakinkan apa yang dikatakan Lucy kepada Susan dan Peter. Prof. Kirke adalah orang yang mengetahui keajaiban lemari tersebut dia yang menjelaskan apa yang terjadi di dalam lemari itu. Bahkan ia tahu kalau suatu saat Lucy akan kembali ke Narnia namun tidak lewat lemari itu lagi.

Bapak natal
Bapak natal di cerita ini berperan sebagai pertanda bahwa Aslan akan segera datang dan musim dingin akan segera usai. Jika dalam novel ia diceritan untuk membagi hadiah natal kepada para musang agar bisa menikmati makanan yang lezat namun kejadian itu tidak diceritakan dalam film, karena kejadiaan seperti itu dianggap menghabiskan waktu. Hal yang penting dalam peran bapak natal disini adalah dia memberikan sari bunga api, busur dan anak panah, dan pedang dan prisai kepada Lucy, Susan, dan Peter. Hadiah itu sangat bermanfaat sekali dalam perjalanan petualangan mereka. Itulah fungsi bapak natal dalam cerita ini, tanpa senjata yang mereka miliki mungkin mereka akan kesulitan dalam menghadapi masalah. 

A.      Kejadian yang terjadi dalam Novel dan Film

        I.            Kejadian-kejadian yang ada di novel ‘Narnia’

Bab 1 (Lucy Melihat ke Dalam Lemari)
1)      Dahulu kala ada 4 anak bernama Peter, Susan, Edmund dan Lucy.
a.       Mereka diungsikan dari London karena terjadi perang.
b.      Mereka dikirim ke rumah seorang professor tua.
c.       Ada pengurus dalam rumah tersebut yang bernama Mrs Macready dan tiga pelayan.(Nama mereka Ivy, Margaret, dan Betty, tapi mereka tidak terlalu berperan dalam kisah ini.)

2)      Mereka senang tinggal di tempat itu.
a.       Professor membolehkan mereka melakukan apa saja.
b.      Mereka menjalani malam hari dengan candaan dan tawa.

3)      Saat pagi hari mereka sarapan bersama professor.
a.       Hujan turun sangat deras.
b.      Sambil menunggu hujan reda, mereka menyibukan diri.
c.       Sementara Peter ingin menyelidiki rumah itu. Mereka semua setuju dengan pendapat Peter, kemudian dimulailah menyelidiki rumah tersebut.
d.      Mereka menemukan ruangan yang isinya kosng, yang ada hanyalah lemari besar dilapisi dengan cermin.
e.      Mereka pikir sudah cukup lalu mereka pergi meninggalkan ruangan tersebut kecuali Lucy.
f.        Lucy ingin mengetahui apa yang ada dalam lemari besar tersebut.
g.       Dia melangkahkan kaki masuk ke dalam lemari itu.

4)      Setelah melangkah terus, akhirnya ia menemukan hutan yang berada di dalam lemari besar tersebut.
a.       Hutan itu sedang musim salju.
b.      Lucy semakin penasaran dengan hutan tersebut, maka ia terus berjalan ke hutan tersebut.
c.       Tak lama ia menemukan lampu tiang.
d.      Dia bertemu dengan seekor faun bertubuh manusia dan berkaki kambing.
Bab 2 (Apa yang Lucy Temukan di Sana)
5)      Faun itu terkaget-kaget menemukan seorang manusia yang ada di Narnia (tempat mereka berada)
a.       Faun itu bernama Mr. Tumnus.
b.      Dia mengangajak Lucy untuk minum teh dan makan makanan di rumahnya.
c.       Dengan sedikit pertimbangan Lucy akhirnya mau diajak kerumah Mr. Tumnus.

6)      Dalam perjalanan menuju rumah Mr. Tumnus.
a.       Mereka berdua memasuki gua, Mr. Tumnus menyalakan api sebagai penerangan dengan menggunakan kayu.
b.      Mereka sampai dirumah seekor faun tersebut.
c.       Mr. Tumnus bercerita tentang keadaan di Narnia.
d.      Mr. Tumnus mengeluarkan suling kecil dan mulai memainkannya.
e.      Tak berapa lama Lucy sadar bahwa ia sudah lama di rumah Mr Tumnus, dia harus segera pulang.
f.        Tapi Mr.Tumnus sedih karena ia akan melakukan kejahatan pada Lucy. Ia menjelaskan bahwa ia akan menculik Lucy dan memberikannya kepada penyihir putih.
g.       Namun Mr. Tumnus adalah faun yang baik, ia mengembalikan Lucy pulang ke tempat asalnya.
h.      Lucy berlari ke tempat saudara saudaranya dengan segera mungkin agar mereka tidak khawatir.

Bab 3 (Edmund dan Lemari)
7)      Lucy memberitahu pada saudara-saudaranya tentang semuanya yang terjadi.
a.       Lucy menjelaskan bahwa di dalam lemari ada hutan yang sedang musim salju, ada seekor faun, penyihir dan negri itu disebut Narnia.
b.      Peter berpikir bahwa Lucy sedang berkhayal. Namun mereka penasaran apakah benar itu yang terjadi. Lalu mereka kembali ke ruangan itu.
c.       Setelah membuka lemari, ternyata lemari tersebut hanya lemari biasa.
d.      Peter dan semua saudaranya tidak percaya dengan bualan Lucy walaupun Lucy sudah berusaha meyakinkan mereka.

8)      Berhari-hari Lucy merasa sedih karena tidak ada yang percaya padanya.
a.       Saudara-saudaranya asik bermain, sementara Lucy hanya memikirkan lemari besar itu.
b.      Edmun setiap waktu mengejek lelucon yang di buat Lucy.
c.       Begitu terus sampai hari hujan berikutnya.

9)      Cuaca masih belum berubah tetap hujan.
a.       Mereka memutuskan untuk bermain sembunyi-sembunyian.
b.      Lucy ikut bermain dan memutuskan akan bersembunyi di dalam lemari besar itu, dia juga ingin membuktikan sekali lagi apakah yang ia alami adalah benar atau hanya khayalannya saja.
c.       Edmund mengikuti Lucy hingga ke dalam lemari bermaksud menggoda Lucy dengan negri khayalannya tersebut.
d.      Ketika masuk, ia menutup pintu rapat-rapat dan terus mengikuti jejak Lucy. Namun di dalam terlalu gelap, dia memutuskan untuk kembali. Saat ia hendak kembali, dia tidak menemukan letak pintu lemari. Lalu ia melanjutkan perjalanan dengan tangan yang meraba liar.
e.      Akhirnya ia keluar dan menemukan hutan salju yang sempat dikatakan oleh Lucy.
f.        Ketika ia hendak mencari Lucy, ia bertemu dengan Penyihir Putih.
Penyihir itu mengendarai kereta rusa yang berukuran seperti anjing besar.

Bab 4 (Turkish Delight)
10)   Edmund menjelaskan kepada penyihir putih siapa dia sebenarnya dan bagaimana ia bisa datang ke Narnia.
a.       Begitu tahu kalau Edmund adalah anak manusia, penyihir itu langsung berbaik hati dan ingin berbincang bersamanya di kereta rusanya tersebut.
b.      Dengan setetes air ajaib yang ada di dalam botol, penyihir itu dapat menciptakan minuman dan makanan (Turkish Deligt) untuk Edmund.
c.       Penyihir bertanya terus tentang saudaranya Edmund, kemudian Edmund menjelaskan bahwa ia mempunyai seorang saudara laki laki dan dua orang saudara perempuan. Salah satu saudaranya pernah ke Narnia dan sempat bertemu dengan seekor faun yang bernama Tumnus.
d.      Penyihir itu tertarik degan apa yang diceritakan Edmund.
e.      Penyihir itu menginginkan ketiga saudaranya yang lain ikut ke rumah penyihir agar semua permintaan Edmund diturutinya.
f.        Lalu Edmund menyetujuinya, penyihir pun pergi berharap mereka berempat datang ke rumahnya.

11)   Edmund kemudian bertemu dengan Lucy.
a.       Lucy senang akhirnya ada yang percaya dengan apa yang ia katakan.
b.      Lucy kembali mengajak Edmund pulang dan ingin segera menceritakan apa yang terjadi di Narnia. Dia berharap saudara-saudaranya akan ikut bersamanya dan mendapatkan petualangan yang baru.

Bab 5 (Kembali ke Sisi Pintu Sebelah SIni)
12)   Lucy dan Edmund kembali ke rumah.
a.       Lucy memberitahu kedua kakanya yang lain bahwa Edmund dan dia baru saja memasuki Narnia.
b.      Namun Edmund berbohong dengan mengatkan seolah itu hanya khayalan Lucy saja.
c.       Lucy menangis karena tidak ada yang percaya padanya.

13)   Keesokan harinya Susan dan Peter bertemu dengan Prof. Kirke.
a.       Mereka berdua menjelaskan apa yang terjadi.
b.      Prof. Kirke percaya pada Lucy.
c.       Mereka berdua agak meragukan kepercayaan Prof. Kirke, namun mereka harus mengetahui mana yang salah dan mana yang benar.

14)   Kelompok turis datang untuk melihat koleksi professor ditemani oleh Mrs. Macredy.
a.       Mrs. Macredy tidak suka anak-anak, dan dia paling tidak senang bila ada yang mengganggunnya saat dia menerangkan pada turis.
b.      Maka dari itu mereka berempat harus menghindari Mrs. Macredy agar tidak terkena marah.
c.       Akhirnya mereka bersembunyi di lemari besar yang pernah diceritakan oleh Lucy.



Bab 6 (Masuk ke Hutan)
15)   Setelah masuk lebih dalam lagi, akhirnya mereka menemukan hutan yang pernah diceritakan Lucy.
a.       Mereka meminta maaf kepada Lucy karena sempat tidak percaya padanya.
b.      Mereka akhirnya memutuskan untuk menyelidiki hutan tersebut.
c.       Lucy mempunyai ide untuk pergi ke rumah Mr. Tumnus.
d.      Mereka menyetujui ide Lucy.

16)   Mereka sampai di rumah Mr. Tumnus.
a.       Mereka menemukan rumah yang telah hancur, dan tidak menemukan Mr. Tumnus di dalamnya.
b.      Mereka melihat surat ternyata Mr. Tumnus dibawa oleh penyihir putih karena dianggap menghianati penyihir putih.
c.       Lucy ingin menyelamatkan Mr. Tumnus karena ia merasa itu kesalahannya.
d.      Mereka melihat burung dan mungkin burung itu ingin memberi tahu mereka sesuatu.

Bab 7 (Sehari Bersama Keluarga Berang-Berang)
17)   Mereka bertemu dengan seekor berang-berang.
a.       Berang-berang meminta kepada mereka agar mengikuti jejaknya.
b.      Berang-berang itu kemudian mempersilahkan masuk ke rumahnya.
c.       Mereka bertemu dengan kekasih berang berang tersebut.
d.      Mereka berbincang sejenak lalu makan malam bersama.

Bab 8 (Apa yang Terjadi Setelah Makan Malam)
18)   Berang-berang menceritakan apa yang sebenarnya terjadi..
a.       Mr. Tumnus ditangkap karena menyembunyikan seorang anak manusia, dia dianggap mengkhianati penyihir putih.
b.      Bila sudah masuk ke dalam istana penyihir putih tidak akan bisa keluar lagi.
c.       Sulit menyelamatkan Mr. Tumnus dan mereka sedang membicarakan strategi yang tepat.
d.      Berang-berang mengatakan, Aslan dapat membantu kalian. Namun mereka bahkan tak mengenal siapa Aslan sebenarnya.
e.      Berang-berang mengajak mereka berempat bertemu dengan Aslan, karena menurut ramalan mereka berempatlah yang ditakdirkan untuk melawan penyhir tersebut.

19)   Ketika sedang berbincang-bincang, mereka mendapati Edmund sudah hilang dari tempat mereka berada. Lalu mereka mencari Edmund.
f.        Namun pak berang-berang tahu kalau Edmund pergi bertemu dengan penyihir putih itu untuk mengkhianati mereka semua.
g.       Mereka kehilangan jejak Edmund.
h.      Mereka tahu bahwa nanti Edmund akan bercerita di mana kita berada. Maka dari itu mereka memutuskan untuk lari secepatnya meninggalkan rumah.

Bab 9 (Di Rumah si Penyihir)
20)   Edmund melihat berbagai patung yang ada di sana.
Dia bertemu dengan penyihir putih.
a)      Penyihir kecewa dan marah besar ketika melihat Edmund hanya datang sendiri akhirnya penyihir tidak jadi memberi Turkish Delight pada Edmund.
b)      Namun Edmund membawa kabar yang lain dan memberi tahu tentang Aslan yang segera datang membantu, dan memberi tahu letak dimana saudara-saudaranya yang lain.
c)       Penyihir itu memerintahkan menyiapkan kereta kepada Maugrin, anak buahnya yang berwujud serigala.

Bab 10 (Kutukan Melemah)
21)   Berang-berang dan ketiga anak pergi meninggalkan rumah berang-berang.
a.       Mereka melewati bendungan, lembah, menaiki puncak gunung.
b.      Lalu mereka bersembunyi di dalam gua tempat berang-berang biasa bersembunyi.
c.       Mereka akhirnya tertidur dalam gua tersebut.
d.      Mereka terbangun kembali setlah berjam-jam kemudian.
e.      Mereka mendengar suara gemerincimg kereta penyihir.
f.        Pak berang-berang keluar dari gua untuk menyelidikinya.
g.       Ternyata kerea itu bukan milik penyihir melainkan milik Bapak Natal.


22)   Bapak Natal memberikan mereka hadiah.
a.       Bu berang berang di beri mesin jahit baru.
b.      Pak berang-berang akan menemukan bendungan miliknya selesai dibendung dan diperbaiki dan pintu air yang sudah terpasang.
c.       Bapak Natal memberikan tameng dan juga pedang kepada Peter.
d.      Susan diberikan busur dan tabung penuh anak panah di dalamnya.
Lalu lucy diberikan sari bunga api yang dapat menyembuhkan luka orang lain.

Bab 11 (Aslan Semakin Dekat)
23)   Edmund meminta Turkish Delight sekali lagi, namun penyihir tidak memberinya makah memberi roti kering yang basi.
a.       Edmund merasa sedih.
b.      Penyihir memerintahkan para serigala untuk mengejar anak-anak itu di rumah berang-berang.
c.       Edmund mulai sadar tentang apa yang terjadi, penyihir itu akan melakukan suatu yang jahat pada ketiga saudaranya. Ia merasa sangat menyesal, namun penyesalan itu terlambat.

24)   Edmund dan sang penyihir juga ikut mencari ketiga saudaranya.
a.       Di perjalanan mereka bertemu dengan rubah rubah yang sedang minum dan makan seperti layaknya sebuah pesta.
b.      Yang member mereka makanan adalah bapak natal.
c.       Itu tandanya Aslan sudah mulai mendekat dan musim semi akan segera datang.
d.      Karena sangat kesal dengan apa yang terjadi, penyihir lalu mengutuk rubah-rubah itu menjadi batu.
e.      Edmund sangat ketakutan lalu mereka melanjutkan perjalanan lagi.

25)   Ketika dalam perjalanan, mereka menyadari es-es mulai mencair sehingga kereta yang dipakai semakin sulit untuk berjalan.
a.       Kereta mereka tersangkut dan memaksa mereka untuk berjalan kaki.
b.      Aslan lah yang mengakibatkan datangnya musim semi.
c.       Penyihir berjanji akan membunuh siapa saja orang berikutnya yang menyebut nama Aslan.

Bab 12 (Pertempuran Pertama Peter)
26)   Sementara Edmund mengalami nasib buruk, ketiga saudaranya yang lain masih bisa bersenang-senang menikmati datangnya musim semi.
a.       Mereka yakin akan mengalahkan penyihir di meja batu.
b.      Dia bertemu Aslan.
c.       Aslan menannyakan kemana Edmund pergi. Lalu pak berang-berang menjelaskan bahwa Edmund telah mengkhianati mereka.
d.      Namun Aslan senantiasa memaafkan dan akan membantu menolong Edmund walaupun tidak mudah.

27)   Aslan memerintahkan pada pasukannya untuk menyiapkan pesta untuk anak anak yang terpilih tersebut.
a.       Diumumkannya bahwa yang akan menjadi raja di Narnia adalah Peter.
b.      Ketika sedang mengadakan pesta, terdengarlah suara suling dari Susan menandakan bahwa ia dalam keadaan yang berbahaya.
c.       Selueruh pasukan pergi untuk menyelamatkan Susan termasuk Peter.
d.      Namun Aslan menahan pasukan dan membiarkan Peter yang menghadapi musuhnya itu.

28)   Peter melihat susan di atas pohon karena di kejar-kejar oleh seekor srigala (Maugrim).
a.       Peter lalu memberanikan diri untuk membunuh serigala tersebut walaupun rasanya ia ingin pingsan.
b.      Peter berhasil membunuh serigala tersebut.
c.       Dan serigala satunya lagi yang bersembunyi  di balik semak-semak berhasil lolos.
d.      Aslan memerintahkan untuk mengikuti jejak serigala itu. Serigala itu akan menunjukan di mana Edmund berada.

Bab 13 (Sihir Ajaib dari Awal Waktu)
29)   Penyihir memerintahkan dwarf (kurcaci) untuk siap membunuh Edmund.
a.       Namun karena kelengahan dwarf, para pasukan yang dikirim dari Aslan akhirnya bisa menhyelamatkan Edmund yang ketika itu sedang pingsan.
b.      Edmund meminta maaf pada ketiga saudaranya, dan mereka semua akhirnya bisa berkumpul kembali dan menerima Edmund kembali.

30)   Sebelum lebih lama bertemu, datanglah penyampai pesan untuk Aslan.
a.       Lalu datang dwarf bersama dengan penyihir.
b.      Penyihir menginginkan darah seorang pengkhianat yang ada di Narnia, karena itulah perjanjian yang telah disepakati. Dalam hal ini pengkhianat itu adalah Edmund.
c.       Namun Aslan tidak menyerahkan Edmund begitu saja, dia seolah olah lupa dengan perjanjian itu.
d.      Aslan memutuskan untuk berdiskusi dengan penyihir sejenak secara sembunyi-sembunyi.
e.      Setelah keluar dari ruangan Aslan, penyihir keluar dengan gembira dan Aslan dengan muka suram.
f.        Keputusannya adalah Edmund dibebaskan dari hukuman mati sebagai seorang pengkhianat.

Bab 14 (Kemenangan si Penyihir)
31)   Setelah kesepakatan itu terjadi, Aslan memerintahkan penduduknya agar pergi meninggalkan perkemahan dan pindah ke tempat lain.
a.       Susan dan Lucy tak bisa tidur karena memikirkan Aslan yang muram beberapa hai ini.
b.      Susan dan Lucy melihat Aslan keluar dan pergi dari perkemahan mereka.
c.       Mereka berdua mengikuti Aslan.
d.      Aslan tau sedang diikuti namun dia mengijinkan keduanya agar jalan bersamanya.
e.      Sampai di setengah perjalanan, Aslan memohon untuk membiarkan dia untuk meneruskan perjalanannya sendiri.

32)   Aslan tiba di meja batu dan terlihat ada sang penyihir dan para pasukannya.
a.       Aslan diikat dan disiksa oleh pasukan penyihir.
b.      Kini Susan dan Lucy mengerti tentang apa yang disepakati Aslan dan Penyihir. Ia menukarkan nyawanya dengan nyawa Edmund.
c.       Aslan pun di bunuh oleh penyihir.
d.      Susan dan lucy tak sanggup melihat pembunuhannya itu.
e.      Setelah itu penyihir mengiginkan untuk menguasai Narnia. karena musuh besarnya telah mati, dengan begitu ia akan mudah untuk menguasai Narnia.


Bab 15 (Lebih dari Sihir Sebelum Awal Waktu)
33)   Setelah pembunuhan Aslan, pasukan penyihir pergi.
a.       Susan dan Lucy mendatangi mayat Aslan di meja batu dan menangisinya hingga tak mampu menangis lagi.
b.      Setelah fajar datang (awal waktu) mereka melihat tikus-tikus yang mengigiti tali yang mengikat tubuh Aslan.
c.       Setelah itu mereka meninggalkan mayat Aslan,
d.      Tiba-tiba terdengar bunyi retakan, ternyata setelah melirik ke belakang meja batu telah retak dan Aslan menghilang.
e.      Kemudian Aslan kembali hidup dan mendatangi mereka dari balik tembok batu di sana.
f.        Susan dan Lucy bertanya-tanya mengapa ia bisa hidup kembali.
g.       Aslan menjelaskan bahwa sihir ajaib yang mengatakan bahwa seorang pengkhianat akan dihukum oleh penyihir. Namun penyihir lupa akan sihir ajaib yang berikutnya bahwa seorang korban yang rela dibunnuh pengkhianat, meja batu akan retak dan kematian akan berbalik.

34)   Setelah itu mereka bermain-main dan berkejar-kejaran di sekitar Narnia.
a.       Lalu setelah itu Aslan mengajak Susan dan Lucy untuk mendatangi rumah penyihir.
b.      Susan dan Lucy menaiki punggung Aslan.

Bab 16 (Apa yang Terjadi dengan Patung-Patung)
35)   Setelah Aslan sampai di rumah penyihir, Aslan membangkitkan pasukannya kembali yang telah menjadi patung dengan tiupan dari nafasnya termasuk juga Mr. Tumnus.
a.       Semua pasukan telah kembali seperti semula.
b.      Pasukan siap bertempur melawan penyihir.

36)   Pasukan yang dipimpin oleh Peter mulai goyah.
a.       Mereka membutuhkan bala bantuan.
b.      Aslan, Susan, Lucy dan beberapa pasukannya datang untuk membantu.
c.       Ketika itu Peter sedang bertarung satu lawan satu dengan penyihir.
d.      Aslan membantu dengan melompat ke tubuh penyihir dan membunuhnya.


Bab 17 (Perburuan Rusa Putih)
37)   Setelah pertempuran usai, Peter lebih kuat dari sebelumnya.
a.       Peter memberitahukan bahwa Edmund telah membantunya selama berperang, ia tidak bisa melakukannya tanpa bantuan Edmund.
b.      Sekarang Edmund terluka parah dan tergeletak di tanah.
c.       Aslan mengingatkan pada Lucy tentang sari bunga api yang diberikan oleh bapak natal untuk menyembuhkan orang.
d.      Kini Edmund telah kembali pulih dan terlihat seperti biasa, dan semua sifatnya yang buruk telah ia tinggalkan.

38)   Aslan memberikan mahkota sebagai ratu dan raja Narnia.
a.       Setelah itu Aslan pergi meninggalkan Narnia.
b.      Pak berang-berang mengatakan ia akan kembali jika dibutuhkan.
c.       Aslan mengharapkan mereka berempat dapat memimpin kerajaan dengan baik.

39)   Mereka berhasil memimpin kerajaan Narnia selama bertahun-tahun.
a.       Mereka pun beranjak dewasa.
b.      Mereka membuat perjanjian yang adil di Narnia, dan berjalan dengan harmonis.
c.       Faun mengatakan tentang rusa putih.
d.      Rusa putih adalah dongeng di Narnia, siapa yang dapat menangkapnya niscaya keinginan mereka bisa tercapai.
e.      Mereka beempat berburu rusa putih.
f.        Selagi mereka berburu, tak sengaja mereka melihat lampu yang pernah mereka lihat pertama kali saat masuk ke Narnia.
g.       Kemudian mereka menemukan jalan keluar pulang ke rumah lewat lemari.
h.      Mereka bertemu dengan Mrs. Macredy.
i.         Mereka mengatakan kepada professor tentang kejadian yang mereka alami.
j.        Professor mengatakan bahwa mereka akan kembali ke Narnia suatu saat nanti walaupun tidak melewati lemari ini lagi.



      II.            Kejadian-kejadian yang ada di film ‘Narnia’

1)      Terjadi serangan udara di London.
a.       Susan, Edmund, Lucy dan Peter adalah empat orang anak yang sempat terjebak dalam situasi serangan udara di London
b.      Sebelum mereka menyelamatkan diri, Edmund sempat menyelamatkan foto ayahnya (Mr. Pevensie). Ayahnya sedang pergi berperang.
c.       Mereka berempat beserta ibunya berhasil selamat dalam kejadian itu dengan cara bersembunyi di bawah tanah.

2)      Akibat dari ancaman serangan udara, mereka terpaksa harus pergi dari tempat tinggal mereka.
a.       Mereka pergi menggunakan kereta.
b.      Dengan rasa haru, ibu (Mrs. Pevensie) mereka harus merelakan keempat anaknya pergi.
c.       Akhirnya mereka sampai di Halte Coombe.
d.      Mereka di jemput dengan menggunakan kereta kuda tidak terlalu bagus oleh Nyonya Macready. Beliau adalah pengurus rumah yang akan mereka berempat tempati.
e.      Rumah Itu adalah rumah milik Prof. Kirke

3)      Mereka sampai di rumah Prof. Kirke.
a.       Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi dalam rumah tersebut.
b.      Lucy masih mencemaskan ibunya yang ada di London.
c.       Sementara Edmund mempunyai sifat yang sulit diatur.
d.      Namun karena sifat Susan dan Peter yang dewasa membuat adik mereka dalam keadaan yang tenang.

4)      Untuk menghilangkan kesedihan mereka berpikir apa yang bisa dijadikan permainan.
a.       Lucy mendapatkan ide untuk bermain petak umpet.
b.      Ketika mencari tempat bersembunyi, Lucy membuka pintu dan menemukan sebuah lemari di dalamnya yang ditutup dengan kain putih.
c.       Lucy membuka lemari itu dan melangkah sedalam dalamnya agar tidak diketemukan oleh peter yang sedang menghitung.
d.      Lucy berjalan mundur berharap menemukan ujung dari lemari tersebut.


5)      Bukan ujung lemari yang ia temukan, melainkan hutan yang penuh dengan salju.
a.       Dengan rasa penasaran, ia pun menelusuri hutan tersebut.
b.      Tak beberapa lama ia menemukan lampu.
c.       Lalu terdengar suara langkah.
d.      Langkah tersebut adalah milik orang aneh yang berkaki kambing, namun bertubuh manusia dengan syal wol berwarna merah di lehernya dan payung dalam genggamannya.
e.      Tidak hanya Lucy yang terkejut, namun orang aneh tersebut juga terkejut melihat ada manusia yang datang ke dunianya.
f.        Orang aneh tersebut disebut faun, dia bernama Tuan Tumnus.
g.       Dia menjelaskan bahwa Lucy telah berada di Narnia.

6)      Tuan Tumnus mengajak Lucy untuk menikmati segelas teh, kue, dan sarden dirumahnya.
a.       Ketika sampai di rumahnya, Lucy dihidangkan segelas teh dan sebuah lantunan music.
b.      Nyanyian itu berasal dari alat semacam suling yang mepunyai dua cabang.
c.       Ketika mendengar music tersebut, Lucy terkejut dengan bara api yang bergerak-gerak menggambarkan sebuah tarian.
d.      Dengan nyanyian itu dapat membuat Lucy mengantuk lalu tertidur.

7)      Lucy terbangun dari tidurnya.
a.       Tuan Tumnus mengatakan bahwa setiap anak manusia yang berkeliaran di sekitar hutan harus diberikan pada penyihir putih.
b.      Namun Tuan Tumnus menyelamatkan Lucy dan membawa Lucy kembali pulang.
c.       Lucy memberikan sapu tangan miliknya kepada Tuan Tumnus untuk digunakan dia saat menangis.
d.      Ketika ia kembali pulang, waktu dalam dunia tidak berputar sama sekali seperti yang ada dalam Narnia.
e.      Lucy berusaha menjelaskan ada dunia lain di balik lemari.
f.        Namun ketika anak yang lain memeriksa, tidak ada hutan sama sekali di dalam lemari, itu hanya sebuah lemari biasa.
g.       Tak ada satupun dari mereka yang percaya dengan ucapan Lucy.


8)      Ketika malam tiba, Lucy penasaran dengan hutan yang baru saja ia tempati.
a.       Lalu lucy melangkahkan kaki dengan membawa lilin dan sepatu boot milik kakaknya ke tempat lemari itu berada.
b.      Edmund yang baru keluar dari kamar mandi melihat Lucy keluar dari kamarnya dengan membawa lilin.
c.       Edmund pun berjalan mengikutinya.
d.      Edmund sampai pada sebuah hutan yang disebut Narnia. Edmun akhirnya percaya dengan apa yang dikatakan Lucy.

9)      Edmund bertemu dengan Ratu Narnia.
a.       Edmund menjelaskan bagaimana ia bisa sampai di Narnia, dia juga menjelaskan bahwa adiknya pernah bertemu dengan Tuan Tumnus.
b.      Ratu Narnia pun mengajak Edmund untuk duduk bersamanya dalam kereta kuda.
c.       Ratu Narnia bisa membuat minuman dengan setetes air yang ada padanya, saat Edmund meminta minuman hangat.
d.      Ratu Narnia ingin memberikan tahta raja pada Edmund dan memberikan Turkish Delight yang banyak padanya, dengan syarat harus membawa ketiga saudaranya ke hadapannya.
e.      Edmund awalnya menolak karena dia takut kalau Peter yang kelak akan menjadi raja. Namun ternyata mereka bertiga akan dijadikan pelayan. Karena Edmund mempunyai sifat yang egois dan memiliki sisi yang jahat, Edmund pun menyetujuinya.
f.        Ratu pun pergi meninggalkan Edmund.

10)   Edmun lalu bertemu dengan Lucy yang berada di Narnia.
a.       Lucy menunjukan jalan pulang.
b.      Lucy senang akhirnya ada yang ikut bersamanya dan mempercayai bahwa Narnia bukan khayalan belaka.
c.       Namun pada saat menceritakan kepada kedua kakanya yang lain, Edmund tidak mengatakan apa-apa tentang Narnia. Dia justru mengatkn bahwa itu hanya khayalan belaka.
d.      Lalu Susan dan Peter menanyakan kepada Prof. Kirke, ternyata beliau percaya dengan adanya hutan di balik lemari tersebut.

11)   Pagi harinya, mereka berempat bermain baseball di lpangan luar.
a.       Tak sengaja bola yang dilemparkan Peter dan dipukul oleh Edmund memecahkan jendela dan menjatuhkan pakaian perang yang ada di ruangan Prof. Kirke.
b.      Karena takut dimarahi oleh Nyonya Macready, mereka lantas berlari bermaksud menyembunyikan diri. Mereka bersembunyi di lemari yang sempat di datangi Edmund dan Lucy.

12)   Sampailah mereka berempat ke hutan yang dikatakan Lucy.
a.       Akhirnya mereka mempercayai perkataan Lucy.
b.      Mereka berjalan-jalan di dalam hutan dan bermaksud mengunjungi rumah Tuan Tumnus.
c.       Ketika sampai di rumah Tuan Tumnus, rumah nya sudah hancur lebur berantakan.
d.      Tuan Tumnus ditangkap karena dituduh menghianati Ratu Narnia dan bergaul dengan manusia.
e.      Lucy ingin menolong Tuan Tumnus, namun tak sependapat dengan Susan yang ingin mereka pulang agar tidak mencari masalah baru.
f.        Mereka berunding dan mencari akal bagaimana menyelamatkan Tuan Tumnus.

13)   Mereka bertemu dengan seekor berang-berang.
a.       Berang-berang itu bisa berbicara.
b.      Berang-berang itu memperlihatkan sapu tangan yang pada saat itu Lucy yang memberikannya pada Tumnus.
c.       Berang-berang itu mengatakan bahwa sapu tangan itu diberikan padanya sebelum Tumnus ditangkap.
d.      Berang-berang itu mengajak mereka ke tempat yang aman.
e.      Berang-berang itu menyembunyikan keempat anak tersebut di rumahnya.
f.        Berang berang itu bernama Mr. Beaver dan mempunyai seorang kekasih bernama Mrs. Beaver.

14)   Berang-berang mengatakan bahwa Tumnus berada di tangan penyihir.
a.       Sulit keluar apabila sudah terperangkap di dalamnya, itu artinya sulit menyelamatkan Tumnus.
b.      Namun berang-berang mengatakan bahwa Aslan sudah bergerak, dan dia sudah kembali.
c.       Tetapi mereka tidak tahu apa apa tentang Aslan bahkan siapakah Aslan sesungguhnya tak ada yang mengetahuinya.
d.      Aslan adalah Raja Narnia sejati. Dia adalah seekor singa.
e.      Dia telah lama pergi kemudian dia akan segera kembali.
f.        Dia menunggu kedatangan keempat anak itu di meja batu.
g.       Namun tidak ada satupun dari mereka yang mengerti.
h.      Ternyata ada ramalan yang mengatakan bahwa “jika ada empat anak adam yang datang, dengan 2 orang laki-laki dengan dua orang perempuan maka merekalah yang bisa mengalahkan penyihir dan mendamaikan Narnia.
i.         Susan dan Peter meragukan bahwa mereka akan mengalahkan penyihir dan menyelamatkan Tumnus, mereka pun memutuskan untuk pergi.

15)   Namun saat ingin pergi, mereka menemukan Edmund tidak ada di tempatnya.
a.       Edmund pergi saat mereka bermusyawarah.
b.      Edmund terus berjalan entah apa yang ia tuju.
c.       Sementara ketiga anak lainnya berusaha menemukan Edmund.
d.      Setelah diikuti jejak Edmund, ternyata dia menemui sang penyihir.
e.      Peter berusaha mencegahnya namun seekor berang-berang itu melarangnya karena Edmund hanya dijadikan sebuah unpan agar impian untuk mendamaikan Narnia tidak terwujud.
f.        Hanya Aslan yang dapat membantu mereka.
g.       Peter meminta berang-berang agar menemui Aslan.

16)   Edmund bertemu dengan penyihir hanya ingin meminta Turkish Delight.
a.       Penyihir kecewa karena Edmund tidak datang bersama dengan keempat saudaranya.
b.      Namun, usaha Edmund tidak sepenuhnya gagal, ia mengatakan bahwa saudara-saudaranya berada di rumah berang-berang.
c.       Lalu Penyihir itu memerintahkan Maugrin seekor srigala untuk memanggil kawan-kawannya dan mencari dimana saudara-saudara Edmund berada.
d.      Srigala-serigala itu menemukan tempat berang-berang itu berada.
e.      Namun berang-berang dan ketiga anak itu sudah melarikan diri lewat lorong sempit dibawah tanah.
f.        Mereka bertemu dengan seekor musang.
g.       Musang itu membantu mereka lolos dari kejaran para serigala berbohong kalau anak manusia itu pergi ke utara. Pada kenyataannya mereka naik ke atas pohon.

17)   Ketika larut malam mereka kembali membicarakan tentang keselamatan Narnia.
a.       Menurut ramalan, mereka berempatlah yang bisa menyelamatkan Narnia.
b.      Aslan meminta Peter sebagai raja dalam peperangan.
c.       Tanpa peter dan saudara yang lain, pasukan tidak bisa berperang.

18)   Di dalam istana penyihir, Edmund bukan mendapatkan tahta seorang raja melainkan berdiam diri dalam penjara.
a.       Di dalam penjara ia bertemu dengan Tuan Tumnus.
b.      Penyihir datang kepada Edmund dengan rasa kecewa karena saudaranya tidak berada di tempat berang-berang.
c.       Penyihir pun mengatakan pada Tumnus bahwa Edmund-lah yang memberi tahu bahwa Tumnus menyembunyikan manusia di rumahnya.
d.      Setelah itu Penyihir membawa Tumnus ke atas. Sementara Edmun duduk di penjara dengan kepala menunduk dan rasa penyesalan.

19)   Berang-berang dan ketiga anak lainnya berusaha mencari Aslan dengan melewati sungai yang sudah beku selama seratus tahun.
a.       Ketika dalam perjalanan mereka di kejar oleh kereta dengan rusa yang menarik kereta tersebut.
b.      Lalu mereka bersembunyi di bawah tumpukan salju.
c.       Setelah beberapa lama salah satu berang-berang melihat apakah kereta itu masih mengejar atau tidak.
d.      Ternyata kereta yang mengejar mereka bukanlah kereta berkuda dari penyihir melainkan kereta dari Santa.
e.      Santa memberikan hadiah kepada mereka bertiga sesuai dengan hari natal di Narnia.
f.        Santa memberikan ‘sari bunga api’, dengan setetes saja bisa menyembuhkan cedera apapun.
g.       Santa memberikan busur dan panah kepada Susan, santa menyarankan agar percaya kepada busur ini, maka dia akan tepat pada sasaran. Santa juga memberikan alat peniup yang jika ditiup dalam keadaan yang genting, bantuan akan datang.
h.      Sementara Peter dihadiahkan sebuah pedang dan sebuah prisai.
i.         Santa pun pergi dan mengatakan bahwa musim salju akan segera berakhir.

20)    Peter dan saudara-saudaranya melanjutkan perjalanan.
a.       Petermengerti bahwa musim es akan segera berakhir sementara mereka harus menyebrangi sungai sekali lagi.
b.      Es yang ada di sungai pun mulai mencair dan terpecah belah.
c.       Sekawanan serigala tiba-tiba datang menghadang.
d.      Namun ketika Peter melihat airterjun akan mencair, Peter menancapkan pedangnya ke es yang masih beku dan berpegang pada pedang itu.
e.      Peter menyuruh adik-adiknya mengikuti apa yang dilakukan Peter.
f.        Kemudian mereka terselamatkan dari serigala itu dan berhasil menyebrang sungai.

21)   Penyihir pun kehilangan jejak untuk kesekiankalinya.
a.       Para serigala berhasil menemukan seekor musang yang membantu Peter.
b.      Musang itu tidak ingin member tahu kemana arah Peter pergi.
c.       Namun Edmund yang bersama penyihir memberi tahu bahwa mereka pergi ke arah ‘meja batu’ karena takut musang itu tersakiti.
d.      Walaupun Edmund telah memberitahu dimana Peter berada, Musang itu tetap dikutuk membeku menjadi patung es.

22)   Lalu Peter melanjutkan perjalanan.
a.       Akhirnya dia menemukan tempat dimana Aslan berada.
b.      Ada banyak pasukan dan rakyat Aslan di sana.
c.       Tubuh mereka kebanyakan berbentuk tubuh hewan dan memiliki wajah manusia.
d.      Akhirnya mereka bertemu Aslan.
e.      Mereka menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

23)   Peter sempat meragukan terpilihnya dia menjadi seorang pahlawan yang dibutuhkan Narnia.
a.       Namun Aslan selalu membangkitkan semangat Peter bahwa ialah yang bisa membantu menyelamatkan Narnia.
b.      Ketika Susan dan Lucy sedang bersenang senang di sebuah sungai, ia bertemu dua ekor serigala.
c.       Susan lalu meniupkan peluitnya yang diberi oleh Santa agar bantuan segera datang.
d.      Peter datang dengan Aslan dan pasukan lainnya.
e.      Aslan menangkap satu serigala dan membiarkan Peter berkelahi dengan serigala yang lain.
f.        Dengan gugup dan sedikit percaya diri Peter memberanikan diri untuk menghadapinya.
g.       Akhirnya Peter berhasil mengalahkan serigala itu.
h.      Serigala yang satu dibebaskan dan diperintahkan seluruh pasukan mengikuti jejak serigala.
i.         Karena Peter berhasil membunuh serigala, kepercayaan dirinya pun mulai muncul begitu kuat.

24)   Setelah pasukan mengikuti jejak serigala, ia berhasil menemukan Edmund.
a.       Pasukan penyihir kalah.
b.      Pasukan Aslan berhasil membawa Edmund ke tempat Aslan berada.

25)   Edmun bertemu dengan Aslan dan diberitahu apa yang harus ia lakukan.
a.       Edmun terlihat sangat menyesal dengan apa yang ia perbuat.
b.      Edmun akan bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan selama ini.
c.       Mereka berempat yakin akan menyelamatkan Narnia.
d.      Mereka berempat mulai berlatih sesuai dengan apa yang mereka bisa lakukan.

26)   Pada pagi hari sang penyihir datang ke tempat Aslan.
a.       Penyihir ingin Edmund menjadi miliknya, kalau tidak Edmund akan mati. Karena dalam hokum yang tertulis bahwa darah penghianat adalah milik penyihir.
b.      Aslan lalu mengajak sang penyihir untuk berunding sejenak.
c.       Dalam rundingan itu Aslan menolak memberikan Edmund kepada penyihir namun dengan syarat tertentu.

27)   Pada malam harinya Aslan terlihat berjalan tengah malam pergi meninggalkan kawasannya.
a.       Lucy terbangun dan mengajak Susan agar mengikuti Aslan pergi.
b.      Di tengah jalan Aslan tahu kalau dia sedang diikuti.
c.       Aslan menyuruh mereka agar menemani dia untuk sementara saja.
d.      Setelah itu Aslan menyuruh mereka berhenti menemani Aslan.
e.      Ternyata Aslan menemui penyihir dan pasukannya.
f.        Dia menyerahkan nyawanya agar Edmund dibebaskan, begitulah perjanjian dalam perundingan pagi harinya.
g.       Susan dan Lucy melihat penyihir telah membunuh Aslan hingga mati.
h.      Setelah pasukan dan penyhir pergi, Susan dan Lucy mendatangi Aslan dan duduk disampingnya.

28)   Susan dan Lucy memberitahu tentang kejadian ini kepada yang lain.
a.       Setelah kejadian ini, Peter-lah sekarang yang jadi pemimpin.
b.      Aslan telah mempercayainya.
c.       Kini mereka siap untuk berperang melawan sang penyihir.
d.      Jumlah pasukan sang penyihir sangat banyak, namun Peter dan pasukan lainnya tidak gentar untuk menghadapinya.

29)   Pertarungan dimulai.
a.       Pasukan Peter memulai peperangan dengan menggunakan serangan udara terlebih dahulu.
b.      Setelah itu, barulah pasukan pedang dan Peter menyerang.
c.       Sementara Lucy dan Susan tertidur disamping Aslan.
d.      Ketika mereka terbangun dan hendak pergi membantu Peter, Jasad Aslan hilang dan kembali hidup karena jika ada korban yang rela dibunuh oleh pengkhianat, meja batu akan retak dan kematian akan berbalik.
e.      Lalu Aslan mengantarkan Lucy dan Susan untuk datang ke markas penyihir.
f.        Tujuan Aslan agar membangkitkan pasukannya yang dikutuk menjadi batu oleh sang penyihir.

30)   Peter memerintahkan pasukannya agar memikat pasukan penyihir ke batu karang.
a.       Saat dalam perjalanan menuju battu karang, kuda yang dinaiki Peter tertembak panah. Para pasukannya langsung menyerang ke arah penyihir tanpa perintah dari Peter, hasilnya mereka mati.
b.      Ketika itulah para pasukan mulai panic dan sulit untuk diperintah.
c.       Peter memerintahkan Edmund untuk mundur, namun Edmund mengabaikannya, akibatnya Edmund tertancap pedang oleh Penyihir.
d.      Melihat hal itu Peter marah lalu bangkit untuk melawan penyihir.
e.      Pertarungan sengit di mulai antara penyihir dan Peter.
f.        Saat terjadi pertarungan itu, Aslan datang bersama pasukannya.
g.       Aslan berhasil membunuh penyihir itu.

31)   “ini sudah berakhir” kata Aslan.
a.       Mereka berhasil menyelamatkan Narnia.
b.      Setelah itu menyelamatkan Edmund yang terkena tanyapan pedang penyihir dengan menggunakan ‘sari bunga api’ milik Lucy.

32)   Kemudian pada pagi hari esoknya, Aslan memberikan penghargaan kepada mereka berempat.
a.       “Pada laut timur yang berkemilau, aku berikan Ratu Lucy, si pemberani.” kata Aslan.
b.      “Pada hutan barat yang lebat, aku berikan Raja Edmund, yang adil.” kata Aslan.
c.       “Pada matahari selatan yang terang, aku berikan Ratu Susan yang lembut.” Kata Aslan.
d.      “Pada langit utara yang cerah, aku berikan Raja Peter yang perkasa.” Kata Aslan.

33)   Tak terasa mereka berempat sudah menjadi tua.
a.       Mereka bisa bersenang senang dan tertawa tawa di Narnia saat ini.
b.      Mereka terlihat sedang mengejar seekor rusa putih dengan kuda mereka.
c.       Saat mereka berhenti di suatu tempat saat menunggangi kuda mereka.
d.      Mereka melihat lampu yang perpijar.
e.      Lampu itu adalah tempat yang tak jauh dari lemari baju saat mereka kecil dulu.
f.        Mereka baru sadar bahwa mereka adalah anak manusia yang masuk ke Narnia.
g.       Kemudian mereka mencari dimana lemari baju itu berada.


34)   Setelah mereka menemukan baju-baju dan ternyata mereka keluar dari lemari pakaian.
a.       Mereka kembali dengan bentuk anak anak seperti dahulu.
b.      Kembal teringat pada saat mereka bersembunyi di lemari.
c.       Mereka akhirnya ditemukan oleh Prof. Kirke.
d.      Kemudian mereka berempat hanya tersenyum tanpa bisa menjelaskan apa yang terjadi.


        I.            Perbedaan dan persamaan kejadian yang ada di novel dan film

Setelah kita jabarkan kejadian-kejadian apa saja yang ada di dalam novel dan di film ‘Narnia’, kita akan mengetahui apa saja perbedaannya. Perbedaan yang pertama adalah di dalam pembukaan pada novel, penulis langsung menceritakan keempat anak itu sudah berada di tempat Prof. Kirke. Hanya saja ia menceritakan sedikit tentang alasan kenapa mereka tinggal di tempat Prof. Kirke. Sementara pada filmnya diceritakan awal mula mengapa mereka bisa sampai di tempat Prof. Kirke dan dijelaskan lebih dalam perjalanan menuju Prof. Kirke. Jadi jelas, film ini mengalami perluasan yang berfungsi agar penonton dapat mengerti kelogisan cerita tersebut.
Perbedaan yang kedua terletak bagaimana awalnya sehingga mereka bisa masuk ke dalam lemari tersebut. Dalam novel diceritakan bahwa Peter dan saudaranya menyelidiki rumah dan Lucy melihat Lemari besar yang membuatnya penasaran. Kemudian Lucy masuk dan menemukan dunia lain di balik lemari tersebut. Setelah keluar dari lemari, kemudian ia menceritakan apa yang terjadi kepada saudaranya. Namun tak ada yang percaya. Setelah itu mereka bermain sembunyi-sembunyian, dengan tidak sengaja dan tidak terpikir olehnya ia pun masuk kembali ke dunia lain tersebut yang disebut Narnia. Edmund yang kali itu ingin mengetahui kejadian yang sebenarnya maka ia pun mengikuti Lucy. Setelah mereka bertemu dan keluar dari lemari, Lucy menjelaskan kembali tentang Narnia. Tetapi Edmund tidak membenarkan hal itu, justru ia menjelaskan seakan-akan itu hanya khayalan anak kecil. Kemudian hari berikutnya mereka berempat berniat menghindari Mrs. Macredy agar tidak mengganggunya. Mereka berempat pun masuk ke dalam lemari tersebut.
Berbeda dengan novelnya, di dalam film Lucy justru menemukan lemari itu karena dia harus bersembunyi saat bermain sembunyi-sembunyian. Lemari itulah yang mengantarkan Lucy ke dunia barunya. Setelah itu ia menceritakan apa yang terjadi pada saudaranya. Namun tak ada yang mempercayainya. Lalu pada malam hari Lucy terbangun dari tidurnya kembali masuk ke dalam lemari untuk meyakinkan dia bahwa itu benar benar nyata. Pada saat ia sedang menuju ruangan yang terdapat lemarinya, Edmund melihat dan mengikuti kemana adiknya pergi. Setelah itu mereka bertemu dan kembali pulang. Hari berikutnya mereka bermain baseball dan tanpa sengaja memecahkan kaca rumah. Mereka hendak bersembunyi karena takut dimarahi Mrs Macredy, namun tempat bersembunyi itu adalah lemari besar yang dikatakan Lucy dan akhirnya mereka masuk ke dunia lain.
Dari uraian tersebut berhubungan dengan perbedaan yang ketiga yaitu mengenai waktu dalam cerita tersebut. Di dalam novel dijelaskan bahwa kejadian menemukan lemari hingga mereka berempat masuk ke dalam lemari tersebut terjadi berhari hari dan berminggu-minggu untuk membuat suatu ceritanya logis. Tentu saja sutradara lebih memilih untuk memotong kejadian yang tidak perlu agar tidak terjadi kebosanan pada penonton. Maka dari itu kejadian dalam film dipersingkat hanya dengan waktu satu sampai tiga hari saja.
Perbedaan yang selanjutnya adalah ketika pelarian ketiga anak tersebut bersama berang-berang dari pengejaran penyihir. Di dalam novel dijelaskan bahwa serigala yang diperintahkan untuk mengejar ketiga anak tersebut sama sekali tidak melihat kemana mereka pergi. Bahkan saat mencari di rumah berang-berang, mereka semua sudah tidak ada. Pada intinya mereka kehilangan jejak sama sekali. Sementara pada filmnya, serigala-serigala itu sempat mengetahui dimana mereka berada, yaitu di rumah berang berang. Namun sutradara mengubah cara bagaimana mereka bisa lolos dari kejaran serigala dengan memperhatikan waktu yang sangat singkat untuk ditayangkan. Maka dari itu sutradara memunculkan seekor rubah (teman berang-berang) sebagai fungsi mengalihkan perhatian serigala dan membohongi serigala atas keberadaan Peter dan saudaranya agar bisa lolos.
     Perbedaan yang keempat adalah dalam novel pada saat Edmund bertemu dengan penyihir untuk yang kedua kalinya, bukannya ia mendapatkan Turkish Delight yang ia inginkan tetapi dia diberi roti kering basi dan langsung diajak untuk ikut mencari saudaranya yang lain. Sementara dalam film ia sempat digambarkan masuk dalam penjara dan bertemu dengan Mr. Tumnus terlebih dahulu sebelum ia diajak untuk pergi mencari saudaranya yang lain. Saat di dalam penjara barulah Edmund terlihat diberi makanan basi yang sudah beku dan ia memberinya kepada Mr. Tumnus yang terlihat akan lebih menyukainya dari pada Edmund.  Digambarkan pula kejadian Mr. Tumnus saat ia dikutuk menjadi batu oeleh penyihir. Sementara  dalam novel tidak dijelaskan.
     Di dalam novel, rubah itu bukan ditunjukan sebagai peran pembantu Susan dan saudaranya meloloskan diri tetapi sebagai fungsi untuk menjelaskan pada penyihir bahwa bapak natal dan Aslan telah datang bersamaan dengan musim semi. Kejadian dalam novel disebutkan bahwa ada pesta makan besar yang dilakukan oleh para rubah. Mereka diberi makan-makanan sebagai hadiah oleh bapak natal. Rubah-rubah itulah yang kemudian menjelaskan bahwa Aslan dan musim semi segera tiba serta menjelaskan pada pembaca sihir dari penyihir itu mulai melemah. Dalam kejadian itu pula menjelaskan betapa kesalnya dia kepada bapak natal dan rubah-rubah itu karena telah mengadakan pesta tanpa seizinnya. Maka dari itu penyihir mengutuk rubah-rubah itu menjadi batu.
     Kekejaman penyihir ditunjukan dalam film saat para serigala menemukan rubah yang telah membantu menyelamatkan Susan dan saudaranya. Rubah itu dianggap mengkhianati penyihir dan dikutuk menjadi batu. Dalam film ini dijelaskan bahwa fungsi rubah saat dikutuk berbeda dengan yang ada di novel. Rubah ini dimunculan untuk sang penyihir bisa mengancam Edmund agar memberi tahu kemana saudara-saudaranya pergi, jika tidak rubah itu akan dikutuk menjadi batu. Namun karena kekejaman penyihir, meskipun sudah diberi tahu tetap saja mengutuk rubah tersebut.
          Pada saat bersembunyi, di dalam novel diceritakan bahwa mereka bertiga bersembunyi di gua tempat berang-berang biasa bersembunyi, namun pada film mereka sempat dikejar-kejar oleh kereta rusa yang disangka kereta tersebut milik penyihir. Pada kenyataannya kereta tersebut milik bapak natal yang hendak memberi hadiah kepada mereka. Lalu mereka bersmbunyi dibalik batu besar yang menyerupai gua. Fungsi kejadian tersebut adalah untuk menghadirkan efek ketegangan kepada penonton. Pada saat pemberian hadiah, di dalam novel diawali dari Peter, Susan dan yang terakhir Lucy, sedangkan pada film pemberian hadiah berawal dari Lucy, Susan, dan Peter. Ini menjelaskan sesuatu tentang tokoh utama yang lebih dominan muncul. Pada novel Lucy yang menjadi sorotan tokoh utama yang sering muncul, namun pada filmnya Peter menjadi sosok pahlawan dan pemimpin sangat dibutuhkan dalam menyelamatkan Narnia.
Perbedaan yang terakhir adalah saat bagaimana alur ceritanya hingga Peter dan saudara-saudaranya bisa kembali ke dunia asal mereka. Dalam novel, penulis menambahkan unsure logis untuk kembali mengingatkan bahwa mereka adalah manusia yang layaknya hidup di dunia nyata dan bukan di Narnia. Unsure logis tersebut dimunculkan ketika ada seekor faun yang menyebutkan tentang dongeng rusa putih. Siapa saja yang dapat menangkap rusa putih maka keinginannya bisa tercapai. Selagi mencari rusa putih, mereka menemukan lampu yang mengingatkan mereka akan jalan pulang dengan secara tidak sengaja. Maka dari itu, mereka berhasil menemukan jalan pulang.
Pada filmnya, penjelasan tentang rusa putih ditiadakan. Alasannya adalah masalah waktu yang sangat terbatas jika disajikan dalam bentuk film. Hanya saja diperlihatkan Peter dan saudara-saudaranya yang sudah beranjak dewasa sedang mengejar seekor rusa putih. Bagi penonton yang belum membaca novelnya mungkin tidak mengerti apa yang mereka lakukan dengan mengejar rusa putih tersebut. Penonton hanya mengetahui bahwa mereka sedang bermain-main dengan menaiki kuda mereka sambil mengejar dan berusaha menangkap rusa putih. Sementara penonton tidak mengetahui alasan mengapa mereka mengejar rusa tersebut padahal rusa putih di dalam Narnia mempunyai sebuah arti.


Persamaan kejadian dalam novel dan film

Dalam novel maupun film pada intinya menceritakan hal yang sama, yaitu tentang empat orang anak yang berpetualang di negeri Narnia. Tak ada yang banyak berubah dari novel ke film. Dalam film tetap menggunakan peran penting seekor singa (sebagai peran pembantu), penyihir (sebagai peran antagonis, dan lemari (sebagai jalan masuk menuju Narnia). Hal itu dimaksudkan bahwa peran mereka sangat dibutuhkan dalam kelogisan cerita tersebut. Jika salah satu diganti atau dihilangkan, maka jalan cerita yang terjadi tidak sesuai dengan kelogisan cerita.
Persamaan yang kedua adalah baik novel dan film mempunyai pesan yang sama kepada pembaca atau penonton. Pesan yang pertama adalah menanamkan sifat pemberani dari kecil seperti yang diperankan oleh Lucy. Meskipun masih kanak-kanak, namun keberaniannya untuk berpetualang adalah hal yang luar biasa dan tidak semua orang bisa melakukannya. Pesan kedua adalah bersifatlah dewasa seperti yang diperankan oleh Peter sebagai sosok pemimpin yang bijak. Jangan seperti anak kecil yang bersifat egois bahkan mengkhianati saudaranya sendiri seperti yang diperankan oleh Edmund. Namun pelajaran yang bisa kita petik dari Edmund adalah dia berhasil merubah sifat keegoisannya dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Pesan berikutnya adalah tanamkan kepercayaan diri pada diri masing-masing. Tercemin dalam film itu saat mereka ingin bertempur, tanpa ada keyakinan dan kerja keras mereka akan mengalami kekalahan  dari si penyihir. Kita juga harus bisa memilih dan rela berkorban demi kebaikan seperti yang dilakukan Aslan (singa) dengan mengorbankan dirinya untuk orang yang ia (Aslan) yakini akan berubah menjadi lebih baik walaupun ia tahu orang itu (Edmund) adalah seorang pengkhianat. Itulah pesan-pesan yang ingin ditampilkan oleh si penulis pada pembaca. Jika salah satu alur cerita dihilangkan maka pesan yang akan disampaikan si penulis kepada penonton melalui media audiovisual itu tidak akan tersampaikan. Maka dari itu, sutradara tetap mempertahankan alur cerita tersebut.
Sementara itu, persamaan yang lain adalah tokoh dalam novel tidak ada yang ditambahkan maupun dikurangi dalam film. Hal itu disebabkan karena tokoh tokoh tersebut tidak terlalu berpengaruh pada durasi waktu dalam film. Selain itu tokoh-tokoh tersebut cukup memenuhi kelogisan suatu cerita dalam film jadi tidak ada yang perlu ditambahi atau dikurangi.
Novel Narnia pada intinya adalah novel bergambar, maka dalam novel tersebut disisipi gambar untuk memperjelas apa yang dimaksudkan oleh si penulis kepada pembaca. Maka persamaan antara penggambaran novel ke film tidak jauh berbeda. Hanya mungkin letak dan tempatnya saja yang berbeda. Inilah persamaan-persamaan penggambaran penulis dengan penggambaran pada film.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar